Mark Zuckerberg pendiri facebook yang juga seorang yahudi |
Gege pun mengiyakannya walaupun dengan agak bingung karena Dia tidak mendapat jawaban yang pasti. Tidak hanya Gege, Aku pun bingung, terus terang jawabanku hanya mengira-ngira saja tanpa dasar. Karena masing-masing bingung Kami mengakhiri perbincangan mengenai yahudi tersebut begitu saja,he. Akan tetapi mitos kecerdasan yahudi atau apapun namanya itu terus saja menghantui pikiranku, rasa ingin tahu tentang rahasia kecerdasan yahudi pun terus terpikirkan dalam benakku.
Beberapa hari kemudian pada saat acara kumpul-kumpul teman SMA ku di rumah temanku Maryaman.ketika kita berempat yaitu Aku,maryaman,Arifin dan Abdul Rasyid sedang asyik memanggang ikan, tiba-tiba temanku Arifin berkata"kalau orang yahudi tuh kalaua makan ikan itu biasanya kepalanya dibuang ga dimakan karena ada kandungan zat apa gitu yang dapat melemahkan otak". Aku berbalik bertanya "bukankah orang Jepang justru kepala ikannya malah mereka suka dan menghabiskannya dan mereka juga cerdas-cerdas?"tanyaku kepada Arifin."tapi tetep saja kan rud lebih pintaran orang yahudi daripada orang Jepang!".balasnya. Aku pun terdiam mendengar jawabnnya, "tidak hanya kepala ikan ini cara makannya pun berbeda dengan Kita, orang yahudi lebih memilih makan buah-buahan dulu,lalu makan makanan pokokna,kalau kita kan makan dulu baru buahnya terakhir,cuci mulut lah".
Aku pun tidak memberikan pertanyaan seperti yang pertama hanya berpikir benar juga mungkin mareka orang yahudi memilih buah terlebih dahulu karena mereka ingin otaknya dulu yang terisi nutrisi bukan perut. Analisa ku yang aneh dan konyol itu terlintas begitu saja dipikiranku, yang pasti pernyataan Arifin tadi semkin membuat penasaran akan rahasia kecerdasan yahudi karena ternyata dari pernyataan Arifin tersebut Aku dapat sedikit menyimpulkan ternyata emang benar bahwa orang yahudi memiliki kebiasaan-kebiasaan dan cara belajar yang berbeda dengan kita yang menyebabkan mereka begitu cerdas. Tapi Aku hanya mengetahui beberapa kebiasaannya saja tentu tidak dapat menyimpulkan secara keseluruhan mengenai kecerdasan mereka.
Aku pun mulai mencari sumber-sumber bagaimana yahudi cerdas dari internet maupun buku, dan luar biasa ternyata banyak fakta-fakta menarik yang awalnya tidak Aku ketahui tentang yahudi itu sendiri.
Diantaranya ada statistika yg menyatakan 10 persen dari daftar orang terkaya versi Forbes dan CEO 500 perusahaan terbesar versi Fortune, 34 % peraih nobel,17,6 % ilmuwan terkemuka abad pertengahan adalah orang beretnis Yahudi yang jumlahnya hanya 0,2 persen dari populasi dunia.
Luar biasa, hanya 0,2 persen tapi bisa dikatakan menguasai perekonomian dunia. fakta yang benar-benar menarik. Nama-nama seperti Rothschild family (peguasa pasar uang), George soros ( pedagang ulung), Albert Einstein ( ilmuwan ), Bill Gates (orang terkaya di dunia saat ini), Mark Zulkerberg (penemu facebook), Larry page & Sergrey Brin ( penemu google),steven Spielberg(sutradara kenamaan), David copperfield (pesulap), karl Marx (filsuf), dan banyak nama beken lainnya yang tidak Aku sebut, mereka adalah yahudi. Hanya 0,2 persen tapi memegang kekuasaan dalam jumlah yang besar pada berbagai bidang. Hebat bukan!!.
Ada satu buku yang begitu menarik perhatianku mengenai rahasia kecerdasan yahudi yaitu "JEROME BECOMES A GENIUS" yang ditulis oleh Eran Katz yang juga seorang yahudi pemegang Guinness Book of world Record sebagai orang yang mampu mengingat banyak hal dengan kecepatan super tinggi. yahudi lagi.hee. Dari buku itu dipaparkan bagaimana rahasia kecerdasan orang yahudi. Aku tidak akan membahas buku itu lebih lanjut. intinya ada 5 hal pokok menurut Eran yang menyebabkan yahudi itu begitu cerdas yaitu prinsip imajinasi, kecerdasan mempertahankan hidup,prinsip pengetahuan yang paling pokok, prinsip peningkatan mutu dan prinsip inspirasi. Setelah membaca buku tersebut dan sumber-sumber lainnya walaupun terasa masih kurang lengkap, ternyata benar mereka cerdas karena menggunakan tekhnik-tekhnik pembelajaran yang mengagumkan dan luar biasa menurtku .
Ada fakta yang begitu menarik perhatianku, ternyata orang yahudi ialah orang yang begitu mementingkan pendidikan . Dalam bukunya, Eran menyebutkan "dalam sejarah yahudi tepatnya diperkampungan miskin kadang-kadang ada anak-anak yang belum pernah mendapatkan sekerat daging yang dimasak sampai hangat,tapi kau tidak akan pernah melihat mereka tanpa buku-buku" . Begitulah mereka sangat mementingkan pndidikan, ada salah satu prinsip dalam buku Eran tersebut yang juga menarik perhatianku lagi, yaitu ada prinsip yahudi yg selama ini menjadi keluhanku selama belajar di sekolah maupun di tempat kuliah yaitu"Belajar Selamanya, ajukan pertanyaan-pertanyaan, dan jgn menerima sesuatu sebagai hal yang memang sudah seharusnya begitu" .
Sebuah prinsip yang luar biasa menurutku karena selama ini Aku begitu kesal dengan sistem pendidikan di negara kita dari SD,SMP,SMA dan perkuliahan seakan kita hanya diajarkan oleh sistem tersebut bahwa ilmu pengetahuan itu memang hal yang sudah seharusnya bgitu, contohnya dalam belajar rumus-rumus matematika maupun fisika kita sudah dicuci otaknya bahwa rumus-rumus itu sudah semestinya bgitu, mengakibatkan kita hanya diajari oleh guru-guru kita bagaimana menyelesaikan soal dengan rumus tersebut tanpa dikasih penjelasan asal muasal rumusnya dan bagaimana caranya para penemu tersebut membuat rumus tersebut sehingga menurutku dengan mengetahui asal bagaimana rumus itu diciptakan dan diberi pemahaman bahwa jangan berpikir rumus-rumus tersebut sudah semestinya. Tentunya, kita akan melatih otak kita untuk berpikir,menganalisa dan mungkin bisa mengkritiknya sehingga instuisi kreatif kita akan lebih terasah. Apalagi kalau kita diajarkan pengembangannya tentu akan lebih pas. Itulah salah satu faktor penyebab mengapa Aku sangat membenci sistem belajar di sekolah dan kuliah tentunya da faktor lain lagi. saking kesalnya jika ada PR misalnya matematika sering Aku tidak menggunakan rumus dalam mengerjakannya dan sering juga satu soal matematika yang begitu mudah bila mengerjakan rumus Aku sampai mengerjakannya dari jam 8 malam hingga shubuh. Dan sering juga tidak ketemu jawabannya tapi walaupun begitu, itu bgitu mengasyikan bagiku dan lebih melatih kemampuan berpikir daripada menjawab soal dengan rumus yang ada itu.
Di tempat Aku kuliah pun ternyata sama juga bahkan lebih parah dari perkiraanku. Akh sudahlah janagn dibahas hanya membuatku muak saja pada sistem pendidikan bobrok ini.heu.
Jadi ngelantur gini, daripada ngelantur lebih jauh lagi sampai disini dulu tulisan ini yang baru langkah awal dalam mengetahui rahsia kecerdasan yahudi tentunya kita adopsi cara-cara mereka yang baik terutama dalam melatih cara berpikir dan melatih kemampuan otak dibalik apapun kontroversi akan mereka. Tiru yang baik-baik saja..he.. semoga bermanfaat..
0 comments:
Posting Komentar